RIBA BERLAKU PADA UANG KERTAS

RIBA BERLAKU PADA UANG KERTAS

Salah satu hasil kajian ulama terhadap uang kertas menyatakan bahwa riba dengan kedua macamnya juga berlaku pada uang kertas sebagaimana hal itu berlaku pada uang logam yang terbuat dari emas dan perak atau barang-barang yang mempunyai harga semisal uang dari tembaga. Akibatnya, ada beberapa konsekuensi yang juga berlaku pada uang kertas.

Pertama : Tidak diperbolehkan menjual sebagian uang kertas dengan sebagian lainnya atau dengan jenis uang logam lainnya secara kredit. Misalnya menjual dolar Amerika senilai 5.000 rupiah atau lebih dengan cara kredit.

Kedua : Tidak diperbolehkan menjual uang kertas dengan yang sejenis dengan adanya perbedaan selisih harga, baik itu kredit maupun tunai. Maka dari itu, tidak diperbolehkan menjual uang 90.000 rupiah dengan uang 100.000 rupiah.

Ketiga : Diperbolehkan secara mutlak menjual sebagian uang kertas dengan sebagian lainnya yang tidak sejenis jika hal itu dilakukan secara tunai. Diperbolehkan menjual riyal Saudi dengan rupiah Indonesia, baik itu dengan harga yang lebih sedikit maupun yang lebih banyak dari harga pasaran. Boleh menjual dolar Amerika dengan 5.000 rupiah Indonesia, lebih sedikit atau lebih banyak, jika dilakukan secara tunai.

@ Muhammad Abu Rivai

Website : www.aburivai.com

Telegram : t.me/aburivaicom

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *